tips dan trick dalam pelatihan aplikom
TIPS
1. Duduklah di samping orang yang belum Anda kenal, bahkan jika Anda datang bersama dengan rekan-rekan Anda.
2. Bergaulah diwaktu jam istirahat (break), tukar menukarlah kartu
nama. Berpatisipasilah dalam training-seminar sebagaiman yang diminta
facilitator dengan batasan yang jelas antara berpatisipasi dan menjadi
pengganggu.
3. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada pembicara, catatlah dan
tulislah apa yang dibicarakan oleh pembicara / facilitator. Tulisan jauh
bermanfaat dibandingkan dengan ingatan. “ Bukan apa yang Anda ketahui
yang berarti, tetapi apa yang Anda lakukan terhadap apa yang Anda
ketahui yang lebih berarti”.
4. Menjadi pendengar yg baik akan
meningkatkan kepribadian kita. Jadilah murid yang baik dalam mengikuti
training-seminar, siapapun pembicaranya. Wawasan dan pengetahuan Anda
jauh lebih berkembang bila dibandingkan dengan peserta yang tidak
mengikuti dengan benar dan berbicara topik lain dengan orang
disebelahnya
5. Jika Anda mengikuti suatu training-seminar, usahakan paksa diri
Anda untuk terus berpikir, bagaimana saya dapat menggunakan informasi
tersebut dalam pekerjaan / usaha saya ?
6. Jika atasan atau perusahaan mengirim Anda ke sebuah
training-seminar, berterima kasihlah ! Masukkanlah sebuah laporan
singkat tentang hasil training-seminar & rencana Anda setelah
mengikutinya. Hal tersebut menunjukkan Anda bertanggung jawab pada
pengembangan keprofesionalan didalam bekerja. Setiap training-seminar
tidak ada yang sama. Mungkin topik bisa sama, tapi peserta berbeda.Bila
peserta berbeda hasilnyapun berbeda. Jika peserta mengikuti dengan pola
pikir positif , maka dampaknya pun akan positif. Semua menyadari, bahwa
dengan mengikuti training-seminar tidak akan menggaransi kesuksesan
seseorang, semua berpulang pada diri peserta, tetapi, setiap orang
sukses pasti haus akan ilmu dan wawasan baru.
TRICK
Jangan Malu Jika anda berada dalam suatu kelompok dan ingin
bicarakan sesuatu, lakukanlah dengan natural, jangan malu sekalipun anda
kurang begitu menguasai topic tsb. Takut salah dan takut malu hanya
akan membuat anda mundur sebelum melangkah.
Lakukan kontak mata Kontak mata dapat membantu meningkatkan rasa
percaya diri kita. Selain itu dengan kontak mata, anda seakan telah
menghilangkan jarak anda dengan lawan bicara.
Sedikit bercanda Humor dan candaan adalah perlu dalam komunikasi.
Dengan porsi dan sasaran yang tepat, candaan dan humor membantu
mencairkan suasana dan menyegarkan pikiran.
Jadilah bagian dari mereka Jika anda memposisikan diri sama dengan
lawan bicara, maka anda akan semakin mudah memasukkan atau menawarkan
nilai yang anda punya.
Tersenyumlah Sama halnya dengan kontak mata, tersenyum akan membuat
lawan bicara anda tertarik dan akhirnya kita akan lebh mudah
menyampaikan tujuan komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar